software


A.   pendahuluan

seperti yang telah dipaparkan pada pelajaran sebelumnya, computer merupakan suatu perangkat mesin elektroik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen, yang saling bekerja sma sehingga membentuk suatu system kerja yang rapi dan teliti. System itu kemudian digunakan untuk menjalakan serangkaian tugas secera otomatis menurut intruksi ataupu program yang diberikan kepadanya, jadi computer akan menjalankan tugasnya  jika memeliki program atau software.

                Sebuah program atau software computer berisi sekumpulan intruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus. Bahasa khusus ini akan memberika perintah kepada computer untuk melakukan berbagai pegeroperasian/pemrosesan terhadap data.data itu dapat berupa data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukkan oleh penggua computer sendiri, apakah software itu ?

B.      Pegertian, fungsi, dan jenis jenis software

Secara harifiah software berarti piranti lunak; perangkat lunak; program computer. Istilah baku software dalam bahasa indoesia adalah perangkat lunak. Software merupaka kumpulan beberapa perintah kumpulan beberapa perintah yang dieksikusi oleh mesin computer dan menjalankan pekerjaanya.
Untuk mencapai keinginan tersebut dirancanglah suatu susunan logika yag diolah melalui perangkat lunak yang disebut juga dengan program beserta data data yang diolahnya pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah system operasi program dan data , software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin computer.
Dalam arti yang palig luas software computer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pegorepasian suatu acara yang dinyatakan oleh televise dapat dianggap sebagai software dari suatu peralata televise. Demikian pula hal dengan music yang telah direkam di atas kaset maupun compackt disk (CD), data diatas kertas serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.
Software memiliki banyak fungsi bagi mesin computer dan pegguna computer. Fungsi fungsi software tersebut antara lain :
1.       Mengidentifikasi program
2.       Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol,
3.       Mengatur dan membuat pekerjaan labih efisien

Pada umumnya software yang sering kita pakai dalam keseharian terbagi menjadi dua jenis software yaitu software system operasi (operating system) dan software aplikasi (applications) operating system merupakan software yang digunakan untuk mengeperopasikan computer. Sedag applications merupakan software yang dugunaka atau program yang dioperasikan didalam sebuah lingkugan operating system untuk keperluam keperluan tertentu, seperti pemrograman (programming) office work dan gaming (permianan)
Berdasarkan pembagian secara umum tersebut, secara khusus softwaresebearnya terbagi lima jenis yaitu, :
1.       System operasi( operating system)
2.       Alat bantu (utility)
3.       Bahasa pemrograman
4.       Routines (user program)
5.       Applications package (package programs)
C.  Software system operasi (operating system)
Saat computer pertama kali dihidupkan system operasilah yang pertama kali dihidupkan system operasi yang mengatur seluruh proses menerjemahkan masukan megetur proses internal mamanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian  contoh system contoh system operasi yaitu DOS Unix Windows 95 IBM OS/2 mac OS X.

1.       Pengertian system operasi ( operatig system )
System operasi (operatig system ) merupakan bagian  software yang sangat peting system yang merupakan bagia software yang sangat penting system yang merupakan bagia software kumpulan program ini megotrol da megatur seluruh kegiatan processing dalam system computer, pada perisipya operating system merupakan kumpulan dari program routina dan prosedur yang dibuat untuk yang dibugkat kat untuk memperkecil peranan pengguna computer dalam untuk memperbesar efiensi system tersebut.
        System operasi dapat pula didefiisikan sebagai perangkat lunak yag bertindak sebagai perantara antara pemakai computer (user ) dengan perangkat keras (hardware)
2.  Fungsi system operasi (operating system)
System operasi (operating system) merupakan system software yang berfungsi untuk mengatur cara kerja computer seperti mengatur media media input proses output mengatur kabel pegkodean mengatur memory seta mengatur pejadwala processor   contoj Microsoft windows 3.1/95/2000/me/xp/vistawindows nt ovell

a.       Sebagai manajemen proses yang mencakup peyiapan penjadwalan dan pemantauan proses yang sedang dijalankan
b.      Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan degan pengedalia terhadap perangkat lumk
c.       Sebagai manajemen data yaitu berupa pengendalian terhadap data masukkan/keluaran
3. Macam system operasi (operating system)
Operating system berkembang mengikutu perkembanngan technology dan kebutuhan manusia secara umum operating system dibuat untuk jenis computer antara lain sebagai berikut :
a.       Micrisoft windows untuk personal computer
b.      VMS untuk deci
c.       Os.2 AIX
d.      Mac os untuk apple  macont
e.      sunOS untuk sun computer
f.        palm OS untuk PDA
g.       Microsoft windows CE untuk plmtop UNIX adalagh operating system yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis kompurer yang ada hingga saat ini.


               

Comments

Popular posts from this blog

Anca RQ-INGIN KAU KEMBALI Lyrics

ZBI Crew- Kepastian Rasa Lyrics

KHITTAH UJUNG PANDANG (1971) (KH.AR Fakhrudin)