Tentang Puasa Tahun 2012


Tahun ini kita umat Islam di Indonesia akan berbeda dalam memulai awal puasa Ramdhan. Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menetapkan awal Ramadhan 1433 H akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2012, sedangkan ormas lain seperti NU, Persis, dan lain-lain kemungkinan besar memulai puasa tanggal 21 Juli 2012. Muhammadiyah bisa menetapkan lebih cepat karena mereka menggunakan metode hisab (perhitungan) dalam menentukan awal bulan baru (tahun qomariyah berdasarkan peredaran bulan)), sedangkan NU dan Persis menggunakan metode rukyat (melihat awal bulan baru secara langsung) digabungkan dengan hisab. Oleh karena itu NU dan Persis akan menunggu penetapan Ramadhan pada akhir bulan Sya’ban nanti (19 Juli 2012). Pemerintah sendiri belum menentukan, tetapi dari pengalaman selama ini ketetapan pemerintah sama dengan ketetapan NU.
Meskipun awal Ramadhan akan berbeda, tetapi lebaran Idul Fitri tahun ini dipastikan akan sama, yaitu 19 Agustus 2012, sama seperti tanggal merah di kalender. Jadi, Muhamamdiyah menetapkan bulan Ramadhan penuh selama 30 hari, sedangkan NU (termasuk Pemerintah) 29 hari.
Sebelumnya Suryadharma Ali mengundang sejumlah kelompok organisasi masyarakat di Kementerian Agama untuk membahas rencana penetapan awal puasa namun belum bisa menghasilkan kata sepakat.
Sebenarnya, kata dia, pemerintah ingin agar 1 Ramadhan bisa dimulai bersama-sama di antara organisasi masyarakat lainnya. Namun, mereka tentunya mempunyai dasar pemikiran sendiri maupun kriteria penentuan awal puasa, sehingga belum bisa satu suara.
Walaupun begitu, pihaknya tetap meminta kelompok organisasi masyarakat itu untuk duduk bersama membahas tentang penentuan 1 Ramadhan. Jika tetap tidak ada persamaan di antara pandangan mereka, Kementerian Agama mempersilakan masing-masing organisasi masyarakat tentang penentuan awal puasa.
Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kediri KH Najib Zamzami, mengatakan, untuk NU masih menunggu hasil rukyat yang dilakukan oleh tim.
Mereka akan melihat bulan untuk memastikan penentuan awal puasa, termasuk awal lebaran 2012.

Saran saya :
Sebaiknya kita sama-sama puasa walaupun berbeda antara MUHAMMADIYAH dan NU, lagi pula kan sama- sama islam , kok mesti berdebat Cuma gara-gara kapan waktu puasa, lagi pula kan cara melihat bulan sudah banyak (SUDAH CANGGIH) ? makanya saya ingin sekali seluruh islam bersama-sama puasa, bersama-sama  lebaran. Nanti ada yang udah lebaran yang satunya lagi masih puasa, kan gak enak… 

Comments

Popular posts from this blog

Anca RQ-INGIN KAU KEMBALI Lyrics

ZBI Crew- Kepastian Rasa Lyrics

KHITTAH UJUNG PANDANG (1971) (KH.AR Fakhrudin)